Kamis, 11 Juli 2013

Daftar Drama Korea Terbaik

Diposting oleh Unknown di 00.35
            Beberapa taun terakhir, demam Korean Wave emang lagi nyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kebanyakan orang mengira kalo demam Korea ini gara-gara menyebarnya virus K-pop. Padahal jauh sebelum K-pop booming di mana-mana, drama korea udah lebih dulu menjaring banyak peminat. Di Indonesia sendiri, drama Korea mulai terkenal sejak tahun 2000-an mulai dari endless love, stairway to heaven sampai sassy girl chun-hyang. Nah, sekarang aku mau bahas beberapa drama yang wajib buat ditonton. Check it out..

1.      Boys Before Flowers
            Ini salah satu drama favorit aku. Pertama kali liat drama ini langsung jatuh cinta sama si cassanova So Yi Jung. Yup, tokoh yang diperanin sama Kim Bum ini emang selalu bikin melting. Drama ini sebenernya versi Korea dari Meteor Garden (Taiwan) dan Hana Yori Dango (Jepang). Jalan ceritanya sih sebenernya gampang ketebak. Tentang 4 pemuda yang berasal dari keluarga kaya di Korea yang menguasai sekolah. Pemimpinnya, Gu Jun Pyo pada akhirnya jatuh cinta sama seorang gadis dari keluarga biasa bernama Geum Jan Di. Dan pastinya hubungan ini ga disetujuin sama ibunya Jun Pyo. Konfliknya tentang percintaan dan persahabatan. Walaupun drama ini awalnya comedy romantic, tapi pada akhirnya lebih ke mellodrama menurut aku. Dibanding kisah Jun Pyo Jan Di, aku lebih suka kisah cintanya Yi Jung sama Ga Eul. Soalnya mereka berdua so sweet gitu, Yi Jung yang tadinya ga percaya cinta sejati karena terjebak dalam kisah cinta pertamanya lama kelamaan luluh juga sama Ga Eul. Setting tempat yang dipake di drama ini emang patut diacungin jempol deh. Bangunan- bangunan mewah super megah bikin drama ini jadi keren banget.

2.      Princess hours
            Drama yang satu ini berkisah tentang kehidupan kerajaan di era modern. Serial ini sukses melambungkan nama Yoon Eun Hye sebagai sosok Shin Chae Gyoung sang putri mahkota yang cantik, periang dan polos. Konfliknya berupa cinta segiempat, sang putra mahkota Lee Shin jatuh cinta pada Hyo Rin, seorang gadis yang berambisi menjadi penari ballet. Tapi ternyata kakek Shin dan Chae Gyoung sudah berjanji untuk menikahkan Chae Gyoung dengan putra mahkota. Saat itu, Lee Shin adalah seorang putra mahkota karena ayahnya naik tahta akibat raja sebelumnya meninggal karena kecelakaan. Klimaks terjadi saat Lee Yool yang seharusnya menjadi putra mahkota datang dan menyukai Chae Gyoung. Ibu Yool yang merasa tidak adil karena anaknya tidak menjadi putra mahkota membuat sebuah skenario kebakaran istananya dan membuat Shin menjadi tersangka. Di akhir drama ini juga selalu ada boneka teddy bear yang dibikin parody dari salah satu adegan drama. Drama ini sangat populer di Indonesia dan jadi salah satu penyebar Hallyu Wave.

3.      Jewel in the palace
            Kalo yang ini drama klasik Korea yang sangat layak buat ditonton. Drama ini bercerita tentang tabib istana kenamaan pada masa dinasti Choseon, Suh Jang Geum. Kisah berlatar sejarah ini cukup kompleks. Ada unsur heroik, drama, percintaan, juga sisi edukatif karena menjelaskan tentang makanan dan obat-obatan tradisional Korea. Lewat drama ini, kita bisa belajar banyak tentang sejarah Korea. Penggambaran tentang budaya Korea, mulai dari bangunan kerajaan, dapur kerajaan, sampai pakaian istana dan kepangan para dayang sangat menarik terutama bagi orang awam yang tidak terlalu familiar tentang budaya Korea . Makanya, serial ini begitu diminati dan menarik banyak perhatian.

4.      One mom and three dads
            Drama ini belum pernah tayang di stasiun TV Indonesia. Tapi bagi penggemar drama korea, drama kocak yang satu ini mungkin udah ga terlalu asing. Bercerita tentang pasangan pengantin baru Song Na Young (Eugene) dan suaminya, Jung Sung Min yang sangat mendambakan kehadiran seorang bayi. Tapi sayangnya, sang suami tidak bisa memberikan anak kepada Na Young. Ketiga sahabat Sung Min memutuskan untuk menolongnya. Akhirnya Na Young hamil, tetapi suaminya meninggal dalam sebuah kecelakaan. Sahabat-sahabat Sung Min berusaha membantu dan menjaga Na Young. Na Young melahirkan seorang bayi perempuan dan harus bekerja keras mencari uang demi membesarkan sang putri karena tidak ingin terus merepotkan sahabat suaminya. Tapi, karena tidak tega akhirnya ketiga sahabat Sung Min membantu menjaga putri Na Young. Kejadian-kejadian lucu pun mewarnai hari-hari ketiga ayah tersebut. Bisa dibayangin gimana hebohnya kalau tiga karakter berbeda yaitu Soo Hyun, seorang fund manager yang ganteng, modis dan perfeksionos tapi super pelit, Kwang Hee, komikus ganteng yang bebas tapi playboy, dan Kyung Tae, polisi yang super duper jorok harus menjaga seorang bayi. Dan parahnya, mereka mulai nebak-nebak siapa kira-kira dari mereka bertiga yang merupakan ayah biologis dari bayi tersebut.

5.      49 days
            Kalo drama yag satu ini sebenernya ga masuk akal, tapi tetep seru sih. Pertama kali liat drama ini langsung ngakak soalnya ada malaikat maut yang super kece dan gaul kaya Jung Il Woo. Shin Ji Hyun, yang berada di ambang kematian meminjam tubuh Song Yi Kyung, seorang gadis yang ga punya semangat hidup buat dapetin 3 tetes air mata murni dalam waktu 49 hari. Dan ternyata buat dapetin air mata murni itu ga segampang yang dibayangin, karena pada akhirnya Ji Hyun harus nerima kenyataan kalo ga banyak orang yang tulus sayang sama dia. Bahkan sahabatnya, Shin In Jung dan tunangannya, Kang Min Ho ternyata berkhianat dan menjalin hubungan di belakangnya. Justru Han Kang, orang yang selama ini Ji Hyun pikir benci sama dia nyatanya orang yang diam-diam tulus mencintai Ji Hyun. Walaupun sad ending karena pada akhirnya Ji Hyun meninggal, tapi banyak kejadian tak terduga yang terjadi di drama ini.

6.      Innocent man / Nice Guy
            Drama yang diperanin Song Joong Ki ini emang menarik banyak perhatian. Selain karena pemainnya yang ganteng, juga ceritanya yang agak rumit. Kang Maru, pemuda yang notabene anak baik-baik dan seorang calon dokter harus terjebak dalam situasi yang membuat dirinya jadi seorang mantan pembunuh demi nyelamatin cewe yang dia suka (walaupun sebenernya dia bukan pembunuhnya). Jelas aja dia di-DO dari kampus dan gagal jadi dokter. Dan tragisnya, setelah keluar dari penjara dia malah harus nerima kenyataan kalo cewe yang dia suka udah nikah sama orang kaya. Jadilah dia punya misi balas dendam lewat anak tiri cewe itu. Ceritanya yang rumit dan ending yang tak terduga bikin drama ini dapet ratting bagus. Buat para pecinta Running Man, di drama ini juga ada Lee Kwang Soo yang berperan sebagai sahabatnya Kang Maru.

7.      Dream high
            Pasti para pecinta drama korea udah ga asing sama serial ini. Drama yang satu ini bercerita tentang anak-anak sekolah seni Kirin yang berjuang untuk meraih mimpinya. Drama ini punya alur yang bagus dan menurut aku sih endingnya ga ketebak. Setiap tokohnya punya latar belakang kehidupan yang berbeda–beda. Mulai dari Go Hye Mi yang keras kepala dan super angkuh, Song Sam Dong si pemuda desa yang sayang banget sama Ibunya dan awalnya ga ada niat buat jadi penyanyi tapi karena jatuh cinta sama Hye Mi akhirnya mengikuti Hye Mi ke Seoul, Yoon Baek Hee yang dulunya sahabat Hye Mi, Hyun Jin Gook yang santai dan menyenangkan tapi ternyata punya masalah sama ayahnya, Kim Pil Sook yang punya suara merdu, obsesi ingin kurus, dan diam-diam naksir Jason, dan Jason, siswa pertukaran pelajar asal Amerika yang jago dance, sopan dan berperilaku baik. Pelajaran yang didapet dari drama ini juga bagus, yaitu jangan menyerah untuk meraih mimpi. Karena selama ada niat, di situ pasti ada jalan. Drama ini berkisah tentang cinta, persahabatan, mimpi, kedewasaan dan perjuangan.

8.      Full house
            Drama yang tayang periode Juli-September 2004 ini menjadi salah satu drama paling populer hingga saat ini. Akting Rain dan Song Hye Kyo menarik banyak perhatian sampai meraih ratting tinggi. Dengan cerita tipikal Cinderella Story, alur drama ini sangat manis dan romantis. Rain, yang sukses dan besar sebagai penyanyi berperan sebagai Lee Young Jae, artis top yang punya pembantu rumah tangga penulis amatir, Han Ji Eun (Song Hye Kyo). Marah-marahnya Lee Young Jae pada Han Ji Eun yang diam-diam dicintainya benar-benar kocak. Young Jae sering memanggil Ji Eun dengan panggilan “penulis ayam”. Adegan ledek-meledek, pertengkaran, sampai sikap egois dan manja Lee Young Jae sangat menggemaskan. Han Ji Eun yang polos dan tegas juga membuat penonton jatuh hati. Jargon “azza azza fighting!” yang biasa diucapin Ji Eun  sangat populer dan melekat di hati pecinta serial ini. Akhir drama ini happy ending dengan metamorfosa Lee Young Jae, yang berubah dari cowok pemarah dan egois, jadi suami Han Ji Eun yang lembut dan penuh kasih sayang.

9.      Stairway to heaven
            Drama yang berjumlah 20 episode ini tayang sekitar tahun 2004. Waktu nonton drama ini, aku masih SD. Genrenya mellodrama, dari awal sampe akhir sedih terus. Pemeran drama ini Choi Ji Woo dan Kwon Sang Woo. Ceritanya berawal dari Cha Song Joo (Kwon Sang Woo) yang bersahabat dengan Han Jung Suh (Choi Ji Woo) dari kecil. Pernikahan kedua ayah Jung Suh dengan seorang janda beranak dua merubah kehidupan Jung Suh. Kakak tirinya, Han Tae Hwa jatuh cinta pada Jung Suh. Sayangnya, Jung Suh menyukai Song Joo yang juga disukai oleh saudara tirinya, Han Yuri. Yang paling tragis itu adalah waktu Jung Suh nyebrang jalan buat ketemu Song Joo yang baru pulang dari luar negeri, Jung Suh malah ditabrak oleh Yuri dan akhirnya amnesia. Yuri membawa Jung Suh ke rumah ayah kandung dan kakaknya, Tae Hwa tinggal. Di situ, Jung Suh dikasih identitas baru sama Tae Hwa. Tapi karena takdir, Jung Suh akhirnya ketemu lagi sama Song Joo dan lama-kelamaan ingatannya kembali. Walaupun keduanya menikah dan sempat bahagia, sayangnya ternyata Jung Suh terkena kanker mata yang membuat matanya buta. Tae Hwa bunuh diri demi donorin matanya buat Jung Suh, tapi karena kankernya udah nyebar, pada akhirnya Jung Suh meninggal di pelukan suaminya, Song Joo. Drama ini bener - bener menguras air mata.

10.  Playfull kiss
            Kalo drama remaja yang satu ini comedy romantic banget. Oh Ha Ni, murid dengan prestasi buruk jatuh cinta sama si perfect Baek Seung Jo. Seung Jo yang tampan, pintar dan kaya jelas-jelas nolak Ha Ni yang bodoh, polos dan kekanakan. Kocak banget liat perjuangan Ha Ni buat dapetin Seung Jo. Walaupun awalnya Seung Jo mati-matian nolak Ha Ni, tapi pada akhirnya mereka nikah juga. Lucu banget kalo udah liat tingkah–tingkah ajaibnya Ha Ni, apalagi ibunya Seung Jo yang terobsesi banget pengen jadiin Ha Ni menantunya. Belum lagi teman-teman sekelas Ha Ni yang tingkahnya ga kalah kocak, termasuk Bong Joon Gu yang cinta mati sama Ha Ni. Recomended banget drama yang satu ini. Setiap akhir episodenya selalu ada teddy bear yang dipakein baju dengan set tempat kaya salah satu adegan di dramanya, lucu banget.

11.  A gentleman’s dignity
            Drama ini jelas bukan drama remaja, karena pemainnya aja 4 ahjussi yang umurnya ga muda lagi tapi masih kece. Drama ini berkisah tentang kehidupan  4 pria berumur 40-an yaitu Kim Do Jin (Jang Dong Gun), Im Tae San (Kim Soo Ro), Choi Yoon (Kim Min Jong) dan Lee Jung Rok (Lee Jong Hyuk) yang sudah bersahabat sejak berumur 18 tahun. Mereka memang terlihat sangat sempurna dan menjadi dambaan setiap wanita, tapi setiap kali mereka berkumpul selalu saja ada hal-hal kocak yang terjadi. Ada yang bilang kalau anak lelaki hanya akan bertambah usia, tapi tidak tumbuh dewasa. Saat sendiri, mereka menjadi pria yang tenang dan dewasa tapi saat sedang berkumpul mereka akan kembali bersikap seperti remaja. Kisah ini berawal dari Kim Do Jin yang mengalami love at first sight pada Seo Yi Soo (Kim Ha Neul), guru etika di sebuah sekolah menengah. Hal ini menjadi tidak biasa karena Do Jin merupakan sosok playboy yang tidak ingin terlibat dalam pernikahan karena tidak ingin berbagi uangnya dengan istri dan anak-anaknya (pelit banget). Yi Soo merupakan teman baik Im Tae San dan kenal baik dengan Choi Yoon. Yi Soo diam-diam menyukai Tae San, tapi Tae San justru menyukai teman baik Yi Soo, Hong Se Ra (Yoon Se Ah) yang merupakan atlet golf. Lee Jung Rok merupakan pemilik cafe mango six tempat biasa keempatnya berkumpul. Jung Rok, cowo genit yang menikah dengan wanita kaya pemilik gedung satu blok termasuk apartmen Do Jin dan kantor ketiga ahjussi ganteng ini. Makanya, ketiganya akan selalu berusaha cari alasan dan melindungi Jung Rok kalau ketauan kelayapan sama istrinya, Park Min Sook. Choi Yoon, seorang pengacara dan yang paling kalem dibanding yang lain. Yoon masih belum bisa ngelupain istrinya yang meninggal 4 taun lalu, makanya masih pake cincin kawin. Yoon juga merupakan cinta pertamanya Im Meari, adiknya Tae San yang masih ngejar-ngejar Yoon sampai sekarang. Tapi sayangnya, Tae San ga setuju kalo Meari menjalin hubungan sama Yoon karena khawatir sama masa lalu Yoon. Konflik mulai rumit waktu tiba-tiba ada seorang anak bernama Collin datang pada mereka dan mengaku sebagai anak dari salah satu ahjussi ini. Dari drama ini bisa diliat kalo ga semua orang dewasa itu benar-benar dewasa. Ceritanya yang manis dan kocak juga recomended buat ditonton para pecinta drama Korea. Selain Jong Hyun CN Blue, beberapa idol Korea seperti Juniel dan Yong Hwa CN Blue juga menjadi cameo di drama ini. Akhir happy ending walaupun alurnya sedikit mudah ditebak.

12.  Wonderfull life
            Drama yang satu ini udah lama banget dan mungkin ga banyak yang tau. Drama ini tayang sekitar tahun 2005. Kisahnya berawal dari pertemuan Han Seung Wan  (Kim Jae Won) dan Jung Se Jin (Eugene) di pesawat dalam perjalanan menuju Singapore. Seung Wan berniat buat ngasih kejutan ke cewenya di hari ulang taun cewenya, sedangkan Se Jin pergi ke Singapore buat ngucapin selamat tinggal pada cinta pertamanya yang mati tenggelam di laut Singapore. Paspor mereka sempet ketuker, dan banyak kejadian kocak yang terjadi. Suatu hari, waktu Seung Wan mau ngasih kejutan ke cewenya, ternyata cewenya itu ketauan selingkuh sama cowo lain. Mungkin emang takdir, Seung Wan dan Se Jin ketemu lagi dan mereka ‘minum’ bersama karena lagi sama-sama sedih karena masalah cinta. Dan sebuah ‘accident’ tak terduga pun terjadi. Karena ga siap bertanggung jawab, Seung Wan kabur. Saat pulang ke Korea, Se Jin ngerasa dirinya hamil. Waktu mau bilang ke Seung Wan, ternyata Seung Wan udah balikan sama pacarnya. Se Jin memutuskan untuk merawat sendiri bayinya. Setahun kemudian, Seung Wan akan bertunangan, tapi batal karena kakak Se Jin datang dengan seorang bayi perempuan dan bilang kalau itu anak Seung Wan dan dia bilang Se Jin udah meninggal. Kakek Seung Wan yang emang pengen punya cucu seneng banget, dan akhirnya bayi perempuan bernama Shin Bi itu dirawat kakeknya. Suatu hari, Se Jin yang ternyata masih hidup datang buat ngambil bayinya. Seung Wan dan Se Jin pun dipaksa menikah. Kehidupan rumah tangga mereka pun dipenuhi pertengkaran karena keduanya yang masih sama-sama muda dan masih kuliah. Kesedihan dimulai saat ShinBi divonis menderita leukimia. Sedih banget waktu liat Se Jin nangis tiap hari karena kondisi Shin Bi yang tambah parah. Drama ini berakhir dengan bahagia. Moment paling nyentuh itu waktu Seung Wan dan Se Jin dateng ke rumah sakit sambil bawa bandana buat temen-temen Shin Bi yang juga kena kanker yang rata-rata udah pada botak karena kemoterapy. Drama ini juga recomended banget.
           
            Kalo bahas drama Korea emang ga bakal ada abisnya. Drama-drama di atas mungkin cuma beberapa dari drama yang udah pernah aku tonton. Oke, segitu dulu yang bisa aku tulis. Semoga bisa jadi referensi buat kalian para pecinta drama Korea. Tulisan ini cuma dari sudut pandang aku. See you next time^^

1 komentar:

Unknown on 28 Maret 2015 pukul 04.17 mengatakan...

download yang 1 mom 3 dads di mana? kasih link dong. pleaaasseeee!!!

Posting Komentar

 

my secret world Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei